Headline News

Tuesday, January 20, 2009

Rapikan Blog Anda


Rapikan Blog anda, jangan sampai kelihatan seperti Blog Melorot, yang namanya melorot itu terkesan tidak enak dan malu-maluin. Baju melorot, celana mlorot dan blog melorot. Sama tidak enaknya, bukan? Apa penyebab blog melorot? Pada dasarnya blog memiliki dua halaman penting yg diintegrasikan jadi satu. Pertama, sidebar, yaitu bagian samping sebuah blog tempat menu arsip, menu link posting dan link alamat blog teman-teman kita. Kedua, halaman posting, tempat postingan atau artikel kita tampil secara penuh.

Kedua faktor penting–side bar dan halaman artikel– itu sudah dibentuk sedemikian rupa supaya terintegrasi secara pas dan enak dipandang dalam satu halaman. Nah, apabila salah satu dari kedua faktor tsb. dimasukin sesuatu yg melebihi ukuran, maka terjadilah blog yg melorot/mlorot tadi. Dengan kata lain, melorotnya blog itu terjadi karena ada sesuatu (plug-in, banner, chicklet, search engine, dll) yg dipasang di sidebar atau halaman artikel yg melebihi ukuran alias kepanjangan/kelebaran alias oversized.

1. Sidebar

Umumnya ukuran lebar maksimum yg bisa dipasang di sidebar blogger/blogspot tidak boleh melebihi 200 pixel. Idealnya 160 pixel. Apabila melebihi 200 pixel, maka sidebar akan melorot ke bawah, dan terjadilah pemandangan yg “memalukan” tsb.

2. Halaman Posting

Artikel yg ditulis di halaman posting umumnya akan secara otomatis menyesuaikan diri dg lebar halaman. Akan tetapi, ada beberapa karakter tulisan yg tidak bisa menyesuaikan diri dg lebar halaman, dan apabila ini terjadi, maka sidebar juga akan melorot. Berikut beberapa contoh karakter yg tidak dapat turun sendiri.

Beberapa contoh karakter tulisan yg tidak bisa menyesuaikan diri dg lebar halaman adala sbb:

a. Alamat link URL

Alamat link URL terkadang sangat panjang sampai melebihi panjang halaman posting, dan repotnya ia tidak bisa menyesuaikan diri. Apabila ini terjadi, maka sidebar kita akan melorot. Solusinya, “bungkus” alamat link yg panjang tsb. supaya pendek dg menambah kode … coba kunjungi http://tinyurl.com

1 Comentário:

dasir said...

salam kenal sob,,makasih infona nih, sedang mengalami melorotnya sidebar juga salam

Post a Comment

Arsip Berita

komentar

CO.CC:Free Domain

  ©Template by Dicas Blogger.

TOPO